Jumat, 21 September 2018

Kelebihan dan kekuranga Sistem Unit Dose Dispensing (UDD)

1)         Kelebihan Unit Dose Dispensing (UDD)
a.       Dapat meminimalkan medication error karena obat disiapkan oleh tenaga farmasis (melalui kontrol yang bertahap) dan diserahkan langsung oleh farmasis kepada pasiennya sehingga edukasi dan pemberian informasi obat benar-benar dapat dilakukan.
b.      Interaksi antara farmasis dengan dokter dan perawat menjadi lebih intensif.
c.       Resep dapat dikaji oleh farmasis.
d.      Farmasis dapat melakukan therapeutic drug monitoring.
e.       Farmasis mendapat profil pengobatan pasien dengan lengkap.
f.       Efisiensi ruang perawatan dalam penyimpanan obat.
g.   Mengurangi beban perawat dalam penyiapan obat sehingga perawat mempunyai waktu lebih banyak untuk merawat pasien.
h.      Meniadakan obat berlebih dan menghindari kerusakan obat.
i.    Menciptakan sistem pengawasan ganda, yaitu oleh farmasis ketika membaca resep sebelum dan sesudah menyiapkan obat, serta perawat ketika membaca instruksi obat (DMK: Instruksi dokter) sebelum memberikan obat pada pasien. Hal ini akan mengurangi kesalahan pengobatan.
j.        Pasien hanya membayar obat yang telah dipakai.
k.      Mengurangi kehilangan pendapatan/mencegah resep keluar RS.
l.        Meniadakan pencurian dan pemborosan obat.

2) Kekurangan UDD
a. Perlu tenaga farmasis yang lebih banyak.
b. Administrasi akan lebih rumit dan lebih banyak.
Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan meningkatkan kinerja  karyawan dan menyederhanakan birokrasi serta administrasi penggunaan obat.

Sumber : http://kampusfarmasi.blogspot.com/2015/07/kelebihan-dan-kekurangan-sistem-unit.html



UDD (Unit Dose Dispensing) bukanlah hal baru di sistem farmasi rumah sakit, UDD adalah suatu sistem distribusi obat ke pasien dimana obat diberikan oleh farmasi ke pasien (atau perawat) sudah terbagi menjadi dosis sekali konsumsi.
Kelebihan dari sistem UDD ini adalah mampu menekan jumlah stock yang beredar di pasien rawat inap, sekaligus juga dapat menekan jumlah obat yang direturkan oleh pasien bersangkutan saat pulang, hal ini dikarenakan obat yang hendak dikonsumsi pasien saat itu saja yang diserahkan ke pasien, sedangkan obat yang belum waktunya diminum masih berada di apotek.
Dalam proses UDD obat dikemas diberi etiket dan diletakkan dalam  wadah / plastik dengan warna berbeda untuk mempermudah perawat dalam memberikan obat sesuai waktu yang ditentukan dan untuk menghindari kesalahan dalam jadwal penyerahan obat. Misalkan pagi warna hijau, siang warna biru, malam warna putih, sedangkan warna kuning hanya diberikan dengan kondisi tertentu.
Aplikasi CMSM mampu mendukung konsep UDD (Unit Dose Dispensing) yang diterapkan di rumah sakit, dilengkapi fitur DPO (daftar pemberian obat) Rawat inap dengan fitur ini perawat dapat mengontrol jumlah pemberian obat ke pasien bersangkutan, resep yang dimasukkan oleh dokter akan langsung terhubung ke apotek untuk disiapkan distribusinya sesuai dengan konsep UDD.
Setelah perawat memberikan obat ke pasien maka harus memasukkan daftar pemberian obat difitur yang telah disediakan, data tersebut akan tercatat dibagian rekam medis sekaligus dapat pula dilaporkan ke dokter penanggungjawab via gadget (Android) ke dokter bersangkutan.
Dengan melakukan implementasi UDD (Unit Dose Dispensing) di rumah sakit, maka rumah sakit tidak perlu menyediakan stok yang berlebih dan kualitas pelayanan pasien pun akan semakin meningkat dimana proses terapi ke pasien benar-benar dapat dimonitoring dengan baik oleh perawat atau dokter penanggung jawab dari lokasi manapun.
Keuntungan lain dari implementasi  UDD (Unit Dose Dispensing) pada rumah sakit adalah arus perputaran transaksi barang juga menjadi lebih cepat, semakin cepat perputaran maka obat expired akan dapat diminimalkan karena jumlah retur obat untuk kembali ke apotek dapat ditekan dengan semaksimal mungkin.
Sumber : http://www.sistemrumahsakit.com/index.php/2016/01/05/fitur-udd-unit-dose-dispensing-rawat-inap/

  Sistem distribusi obat memiliki peranan penting terhadap capaian terapi pengobatan pasien rawat inap di suatu rumah sakit. Praktik distribusi obat yang tidak tepat dapat menyebabkan terjadinya medication error (ME). Kesalahan yang sering ditemui yaitu; ketidaktepatan pemberian obat oleh perawat atau ketidakjelasan informasi yang diterima oleh pasien karena tidak langsung bersumber dari seorang farmasis.
            UDD merupakan salah satu satu metode dispensing dan pengendalian obat oleh Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS), di mana obat disiapkan dalam kemasan unit tunggal siap konsumsi, dan untuk penggunaan tidak lebih dari 24 jam. Obat-obat tersebut didistribusikan atau tersedia pada ruang perawatan pasien setiap waktu (Siregar, 2003). Sistem distribusi UDD ini sudah dipraktikkan rumah sakit di Amerika sejak tahun 1960-an dan menjadi standar praktik kefarmasian rumah sakit di sana.
            UDD merupakan sistem distribusi yang menyediakan obat dalam bentuk satuan penggunaan. Sistem distribusi ini pada awalnya dirancang dan dikembangkan pada kondisi akut di rumah sakit. UDD merupakan sistem yang aman dan efisien  dalam fasilitas perawatan jangka panjang, dan dapat meningkatkan produktifitas perawatan serta menyediakan pemesanan, distribusi, penyimpanan dan pemberian obat dengan tingkat kesalahan yang kecil.  Semua UDD memiliki ciri yang sama, yaitu satu paket unit obat yang didispensing tepat sebelum diberikan kepada pasien. Obat diisi dalam paket terkecil.
Perlengkapan khusus yang umumnya digunakan dalam sistem ini yaitu kotak unit dosis berfungsi untuk menahan unit dosis yang di kemas dalam strip. Biasanya penyediaan obat unit dosis selama 30 hari tersimpan dalam kotak tersebut karena terapi obat dari kebanyakan perawatan jangka panjang relatif konstan dan hanya ada beberapa perubahan per harinya. Beberapa fasilitas perawatan jangka panjang memilih siklus pengisian yang pendek, yaitu penyediaan obat untuk 7 atau 14 hari. Label obat disertakan di kotak unit dose dan biasanya merupakan label dua bagian untuk kemudahan penataan kembali. Salah satu bagian dari label dihilangkan, biasanya dengan mengupasnya, dan ditempelkan pada form pemesanan ulang obat yang sesuai, sedangkan bagian lainnya tetap pada kotak sebagai label resep yang sah.
Kelebihan Sistem UDD
Menurut Pujianti (2010), berdasarkan hasil uji skala likert diperoleh nilai sebesar  70-90% yang berarti pasien cukup puas dengan penerapan UDD di Rumah Sakit JIH.  Kelebihan dari sistem UDD ini antara lain:
  1. Pelayanan pemberian obat dilakukan dengan segera dan tepat, disertai dengan informasi obat yang diberikan oleh petugas farmasi.
  2. Rasa aman yang lebih tinggi dirasakan pasien terhadap obat-obatan yang langsung diberikan oleh petugas farmasi.
  3. Perhatian yang baik oleh petugas farmasi  dalam memberikan pelayanan selama perawatan.
Menurut Cousein et al (2014), kejadian pada dosis dan obat yang salah berkurang sebesar 79,1% dan 93,7% selama menerapkan sistem UDD. Pada sistem floor stock, pemberian obat-obatan kadang ditunda karena tidak tersedianya di bangsal tersebut misalnya karena obat tersebut di luar formularium. Namun ketika menggunakan sistem UDD, petugas farmasi akan memeriksa pesanan setiap hari dan dapat mengajukan obat yang di luar formularium atau mengirimkan obat-obatan yang setara dengan yang dibutuhkan (berbeda merk).
Menurut  American Society of Hospital Pharmacist (1975), kelebihan sistem UDD antara lain:
  1. Penurunan kejadian medication error.
  2. Penurunan total biaya terkait pengobatan.
  3. Peningkatan kontrol obat secara keseluruhan dan pemantauan penggunaan obat terlarang.
  4. Tagihan terkait obat terlarang lebih ketat.
  5. Pengurangan persediaan obat-obatan yang berada di area perawatan pasien.
Sehingga secara garis besar, sistem distribusi UDD ini memiliki beberapa keuntungan, yaitu:
  1. Mengurangi terjadinya medication error (ME).
  2. Pasien mendapat pelayanan farmasi yang baik.
  3. Menurunkan total biaya pengobatan karena hanya membayar pengobatan yang digunakan saja.
  4. Mengefisienkan tenaga perawat dalam asuhan keperawatan, karena perawat lebih banyak merawat pasien.
  5. Menghindari duplikasi permintaan obat ke bagian farmasi.
  6. Mengurangi kesalahan penggunaan obat, karena adanya pemeriksaan ganda oleh tenaga farmasi.
  7. Menghindari adanya kemungkinan terjadinya pencurian dan terbuangnya obat.
  8. Meningkatkan peranan dan pengawasan farmasi di rumah sakit, mulai dari fase peresepan sampai pemberian obat.
Sistem UDD ini sangat efisien tetapi memerlukan modal besar dan memiliki beberapa kekurangan. Menurut Barker dan Pearson (1986), keterbatasan sistem UDD adalah:
  1. Frekuensi pengiriman lebih rendah dari teorinya, misalnya seharusnya sampai 9x per hari berdasarkan waktu minum obat pasien, namun pada kenyataannya pengiriman diringkas untuk ditempatkan di keranjang bangsal
  2. Kebutuhan pasien akan obat yang bersigna PRN, tidak diberikan terlebih dahulu, namun tergantung oleh kondisi pasien, dan dosis awalnya tidak disampaikan secara jelas kepada pasien, sehingga hal ini dapat meningkatkan kelalaian
  3. Tidak semua dosis dikeluarkan dalam paket dosis satuan yang benar. Misalnya bentuk sediaan injeksi, salep, tetes mata dan cairan oral lebih susah dilakukan dalam pengukuran dan pengemasannya
Selain kekurangan yang dipaparkan di atas, terdapat kekurangan lainnya, antara lain:
  1. Membutuhkan tenaga farmasi yang lebih banyak.
  2. Membutuhkan ruang khusus untuk penyimpanan obat.
  3. Membutuhkan peralatan khusus dalam pengemasan obat
Namun terlepas dari kekurangan sistem distribusi ini, UDD merupakan sistem distribusi yang memiliki rasio error  terkecil dibandingkan sistem distribusi lain.
SUMBER PUSTAKA:
American Society of Hospital Pharmacist, 1975, ASHP Statement on Unit Drug DistributionAmerican Journal of Hospital Pharmacy, 32(8), 835, USA
Barker, K. N., and Pearson R. E., 1986, Handbook of Institutional Pharmacy Practice, 2nd Ed, American Society of Hospital Pharmacists, USA
Cousein, E., Mareville, J., Lerooy, A., Caillau, A., Labreuche, J., Dambre, D., Odou, P., Bonte, J., Puisieux, F., Decaudin, B., Coupe, P., 2014, Effect of Automatic Drug Distribution System in Medication Error Rates in a Short-stay Geriatric UnitJournal of Evaluation in Clinical Practice.
Lambert, A. A. 2015. Advanced Pharmacy Practice. Page 53. Cengage : USA
Pujianti, N., 2010, Dampak Penerapan Sistem Unit Dose Dispensing (UDD) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Jogja International Hospital (JIH), Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Qian Ding. 2012. The Effect of the Unit Dose Dispensing System on Medication Preparation and Administration Errors in Intravenous (IV) Drugs in a Chinese Hospital: Inpatient. Auburn University : Alabama.
Shojania, K. G. et. al. 2001. Making Health Care Safer: A Critical Analysis of Patient Safety PracticeNumber 43. page 101-109
 Siregar, C.J.P. 2003. Farmasi Rumah Sakit: Teori dan Penerapan. Hal 136. EGC: Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar