Minggu, 15 Maret 2015

BAB I Pendahuluan Profil GFK 2013

BAB I
PENDAHULUAN

          Pembangunan di bidang obat antara lain bertujuan untuk menjamin tersedianya obat dengan jenis dan jumlah yang cukup sesuai kebutuhan dengan mutu terjamin, tersebar secara merata dan teratur, sehingga mudah diperoleh masyarakat pada saat dibutuhkan.
          Untuk dapat mencapai tujuan tersebut dalam beberapa tahun terakhir ini pemerintah telah mengambil langkah-langkah kebijaksanaan, antara lain perbaikan dan penyempurnaan dalam pengelolaan obat terutama di Kabupaten yang meliputi perbaikan dan penyempurnaan dalam perencanaan kebutuhan obat, pendistribusian, pelayanan dan penggunaan obat serta sistem informasi manajemen obat.

          Pengelolaan obat merupakan salah satu pendukung penting dalam pelayanan kesehatan. Demikian juga halnya pengelolaan obat di pelayanan kesehatan dasar mempunyai peran sangat signifikan dalam pelayanan kesehatan di puskesmas. Oleh karena itu pengembangan dan penyempurnaan pengelolaan obat di kabupaten/kota harus dilakukan secara terus menerus. Hal ini perlu dilakukan agar dapat mendukung kualitas pelayanan kesehatan dasar. Perbaikan secara menyeluruh di semua aspek pelayanan kesehatan dasar diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.
           Salah satu sarana yang digunakan untuk melaporkan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja dan gambaran umum dari UPT Gudang Farmasi Kabupaten Muara Enim adalah dengan adanya Profil UPT Gudang Farmasi Kabupaten Muara Enim. Profil ini disusun untuk pertama kalinya di tahun 2014 yang berisi evaluasi kegiatan UPT Gudang Farmasi di tahun 2013.
Sistematika penyajian Profil Kesehatan UPT Gudang Farmasi Kabupaten Muara Enim Tahun 2013 adalah sebagai berikut :

BAB I           : Pendahuluan. Bab ini menyajikan tentang latar belakang dan tujuan diterbitkannya Profil UPT Gudang Farmasi Kabupaten Muara Enim Tahun 2013 serta sistematika penyajiannya.

BAB II : Gambaran Umum.  Pada bab ini disajikan gambaran umum UPT Gudang Farmasi yang meliputi uraian tentang Struktur Organisasi, Pembagian tugas dan peran, SDM Pengelola Obat, TUPOKSI Gudang Farmasi, Fasilitas Kesehatan di Puskesmas, Rincian Tugas Kepala UPT GFK dan Sub Bagian Tata Usaha, Analisa Beban Kerja (ABK) GFK, Analisa Jabatan (ANJAB) GFK, SOP GFK, Evaluasi SOP GFK, Pemetaan Instalasi Farmasi (GFK), Barang Inventaris GFK.

BAB III          : Pengelolaan Obat, Ahp & Sediaan Farmasi Lainnya. Bab ini berisi Perencanaan, Penyimpanan, Distribusi, Pencatatan dan Pelaporan.

Lampiran. Bagian ini berisi data-data pendukung di UPT Gudang Farmasi Kab. Muara Enim


0 komentar:

Posting Komentar