Kamis, 02 Agustus 2018

Pertemuan e-Logistik Farmasi Bagi Pengelola Obat di Puskesmas bulan Agustus tahun 2018


Alhamdulillah..pada tahun 2018 ini UPT Gudang Farmasi Kabupaten Muara Enim kembali mengadakan Pertemuan e-Logistik Farmasi Bagi Pengelola Obat di Puskesmas yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 01 Agustus 2018, bertempat di Ruang Pertemuan UPT Gudang Farmasi Kabupaten Muara Enim. 



Peserta pertemuan ini adalah pengelola obat Puskesmas di wilayah kab Muara Enim sebanyak 22 orang dan Pengelola Obat Rumah Sakit Umum Pratama sebanyak 3 orang. 

Kegiatan yang dilakukan adalah seluruh peserta yang hadir menginput / entry data laporan LPLPO Puskesmas dan RSUP ke dalam menu eLogistik Farmasi yang ada di UPT GFK Muara Enim versi 3.3 update 2018. Kendala yang didapatkan adalah pada template LPLPO yang diisi dalam format Microsoft Excel setelah didownload template yang keluar adalah nama INN obatnya (bukan merk dagangnya),  sehingga peserta masih mencari satu persatu nama obat yang dimaksud. 

Dan kelemahan dari aplikasi ini adalah bila ditambahkan penerimaan baru maka urutan nama obat dan BMHP di template lplpo format excel otomatis akan berubah setiap ada penambahan data,  sehingga setiap bulannya pengelola aplikasi elogistik tersebut harus mengirimkan ulang template setiap bulannya kepada pengelola obat puskesmas dan RSUP agar jika dikirim datanya melalui email, maka datanya bisa diimport langsung tidak harus entry satu persatu lagi. 

Aplikasi elogistik ini sangat bermanfaat dalam pengelolaan obat di Gudang Farmasi Pemerintah,  kami berharap kedepannya aplikasi ini akan lebih ditingkatkan lagi agar lebih mudah digunakan sampai level Puskesmas, Pustu dan Poskesdes untuk mempermudah evaluasi dan pelaporan Ketersediaan Obat di Sarana pelayanan Kesehatan. 

Begitu banyaknya data yg harus diinput menjadi tantangan bagi pengelola aplikasi eLogistik Farmasi.  Semoga semuanya diberikan kesehatan dan kelancaran sehingga kelak dapat tersedia data Obat,  BMHP dan sediaan farmasi lainnya yang akurat,  tepat dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. 

Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya All Pharmacist dan pengelola obat kab Muara Enim..😉😍 bersama qt wujudkan pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan yang lebih baik.  Aamiin (sumber : wni) 






























0 komentar:

Posting Komentar